November 27, 2014, 01:22:57 PM

collapse

@lewatmana

  • Jln Dr Satrio dr Karet arah Casablanca macet, menjelang Mall Ambasador,sblknya ramai lancar. (via T1)
  • Jalan Rawabelong arah Kebon Jeruk/Batusari tersendat dua arah. (via T1)
  • RT @widiechandra: tol dr Tangerang mulai Km.12.200 kearah Karang Tengah padat. Arah sebaliknya ramlan http://t.co/6GULuAcZsH (via @maman_tea)

* KLUB HONDA

HONDA - JAKARTA
Tipe Sport
GL Pro Max Riders (GPMR)
Independent Motor Pro Max (IMPAX)
Honda MegaPro Club (HMPC)
CBR Club
CBR250 Club
NSR Club Jakarta (NCJ)
De Nyu Tiger Revo Club (Denyut RC)
Honda Tiger Owner Group (HTOG)
Jakarta Tiger Club (JTC)
Tiger Jakarta Timur (TJT)
Brigade Motor Jakarta (BMJ)

Tipe Bebek
Honda Supra X 125 (HSX 125)
Honda Revo Club (HRC)
Karisma Fans Club (KaFC)
Honda City Sport Team (HCST)
Grand Motor Team (GMT)
Honda Supra Jakarta (HSJ)
Rider Honda Blade Club (RHBC)


Tipe Matic
Honda Beat Club (HBC)
Honda Vario Club (HVC)
Scoopy Independent Initial (SCOODENTTIAL)
Honda Scoopy club (HSC)
Honda PCX Club Indonesia (HPCI)


Heterogen
Honda Rider On Internet (HORNET)

* KLUB YAMAHA

YAMAHA - JAKARTA
Tipe Sport
King Club Djakarta (KCDJ)
Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI)
Byson Yamaha Owner Indonesia Club (BYONIC)
Jakarta Owner Yamaha Scorpio (JOYS)
Yamaha Scorpio Club (YSC)
Yamaha RXZ

Tipe Bebek
Jakarta Vega Club (JVC)
Yamaha Vega Club Indonesia (YVCI)
Yamaha MX Club Indonesia (YMCI)
Jakarta Jupiter Club (JJC)

Tipe Matic
Jakarta Mio Club (JMC)
Yamaha Matic Club Jakarta (YMCJ)

* KLUB SUZUKI

SUZUKI - JAKARTA
Tipe Sport
Thunder 125 Community (TC 125)
Thunder 125 Rider Community (TRC)

Tipe Bebek
Club Smash Jakarta (CSJ)
Jakarta Satria Club (JSC)
New Shogun Club (NSC)

Tipe Matic
Skywave Owner Club (SOC)
Spinner Community

* KLUB KAWASAKI

KAWASAKI

* KLUB BAJAJ

BAJAJ

* KLUB MINERVA

MINERVA

* KLUB VESPA

VESPA

* KLUB CAMPURAN

CAMPURAN - JAKARTA
SuperMoto Owner Group (SMOG)

* Cek Ongkir

Ongkir.Info - Pencarian Ongkos Kirim & Tracking Terpadu

Author Topic: Kenapa Motor Saya Boros BBM?  (Read 5233 times)

Offline protekzone

  • Global Moderator
  • *****
  • Posts: 12
  • Karma: +0/-0
  • 1. Merek Motor: Honda
  • 2. Tipe Motor: Sport
Kenapa Motor Saya Boros BBM?
« on: September 04, 2012, 02:22:16 PM »
Pertanyaan seperti itu sering kita jumpai atau bahkan kita sendiri bertanya mengenai hal tersebut. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa borosnya kosnsumsi BBM pada motor kita disebabkan oleh beberapa kasus, seperti cara mengendarai, cara perawatan, dan faktor pendukung lain seperti tingkat kepadatan arus lalulintas.

Hal yang menjadi konsentrasi terbesar adalah bagaimana cara kita memperlakukan motor saat dikendarai. Menarik tuas gas terlalu dalam saat putaran mesin motor belum maksimal dapat menyebabkan borosnya BBM dalam tahap awal berkendara. Yang sering kita jumpai adalah banyak pengendara motor yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi baik itu saat arus lalulintas padat ataupun saat jalan lengang. Ini yang menjadikan faktor terbesar tersedotnya konsumsi BBM. Seharusnya kita bisa lebih memahami cara menghemat konsumsi BBM dengan mengatur kecepatan. Motor yang kita kendarai memerlukan waktu beberapa saat untuk menjadikan mesin dapat bekerja dengan sempurna. Motor yang sering digunakan dengan kecepatan tinggi otomatis memerlukan konsumsi BBM yang besar. Seringnya melakukan perpindahan perseneling juga mengakibatkan keluhan yang sama. Harapannya adalah kita dapat mengatur kapan seharusnya motor digunakan dengan kecepatan maksimum dan kapan harus berkendara dengan kecepatan rendah.

Faktor lain yang menyebabkan borosnya konsumsi BBM adalah perawatan tunggangan kita. Dengan dilakukannya perawatan secara berkala, mampu meminimalisasi borosnya bahan bakar. Beruntung bila Anda saat ini memiliki motor baru yang digadang-gadang irit BBM. Namun hal itu juga tidak menjadi jaminan bila kita tidak melakukan servis atau perawatan secara berkala. Perawatan tahap awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu mengecek volume dan kualitas oli motor Anda. Perawatan ruang bakar mesin motor juga menjadi hal yang sangat penting. Jika ada pendapat, wajar saja motor saya boros BBM, lah wong motor saya motor tua, hal ini sebenarnya salah. Motor tuapun sebenarnya mampu menghemat BBM jika hal-hal diatas tetap dijalankan dengan baik. Intinya, baik itu motor baru atau motor lawas tetap memerlukan penanganan perawatan mesin yang baik. Jika hal ini sering diabaikan, Anda tetap akan dipusingkan dengan biaya pembelian BBM yang besar.

Seringpula kita melihat dijalanan, orang yang memacu motornya dengan serampangan, dengan kecepatan tinggi saat arus lalulintas padat. selain dapat membahayakan pengendara lainnya, hal ini juga salah satu penyebab tingginya konsumsi bahan bakar. Memang benar, pada saat jalan dalam keadaan macet, bahan bakar dapat terbuang dengan percuma. Yang seharusnya dengan perbandingan 1 liter bensin mampu menempuh sekian puluh kilometer, karena jalan macet, 1 liter bensin dapat terbuang begitu saja untuk jarak yang sangat pendek.

Sebenarnya masih banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan mengapa motor kita sangat boros BBM, tetapi beberapa hal diatas kiranya bisa menjadi acuan dalam mengendarai tunggangan kita. Bagi sebagian teman-teman disini yang sudah tergabung dalam klub/komunitas motor, mungkin sedikit banyak sudah sering mendapat informasi dan mengerti bagaimana cara untuk menghemat BBM. Ataupun Anda sebagai rider independent yang tiap harinya sangat konsen dengan uang yang harus dibelanjakan untuk membeli BBM. Tidak selamanya pemerintah mampu menyediakan BBM dalam jumlah yang berlimpah. Sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu pemerintah menghemat pengeluaran dan konsumsi BBM. Melalui forum komunitas motor ini diharapkan teman-teman saling berbagi bagaimana cara mengatasi motor yang boros BBM.

Kalau sudah timbul pertanyaan, kenapa motor saya boros BBM? Lalu apa solusi dari Anda? Silahkan Anda bantu tambahkan.
« Last Edit: September 05, 2012, 01:49:36 PM by protekzone »

 

Sitemap 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46